Selamat Datang

Di blog ini anda dapat mengetahui informasi tentang kegiatan P2PL lingkup Kabupaten Tojo Una Una Prop. Sulawesi Tengah

Selasa, 26 April 2011

Penelitian Penggunaan Entomological Inoculation Rate Dalam Menilai Terjadinya Penularan Malaria Di Kepulauan Wakai Kabupaten Tojo Una Una Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2011

Para peneliti dari Balai Libang P2B2 Donggala,Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Petugas Dinas Kesehatan Provinsi,Kabupaten dan Puskesmas akan melakukan penelitian mulai bulan Maret s/d November 2011 tentang Penelitian Penggunaan Entomological Inoculation Rate Dalam Menilai Terjadinya Penularan Malaria Di Kepulauan Wakai Kabupaten Tojo Una Una Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2011.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai hasil Laju Angka Inokulasi Entomologi (EIR) dan Kapasitas Vektor dari suatu intervensi yang telah dilakukan dalam pengendalian malaria di Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah.

Dalam penelitian ini akan dilakukan pengambilan sediaan darah malaria dan pemeriksaan limpa, pengambilan darah dilakukan pada semua golongan umur dengan cara menusuk jari tengah atau jari manis (Pada bayi usia 6 - 12 bulan, darah diambil dari ujung ibu jari kaki dan bayi usia < bulan diambil dari tumit) menggunakan lancet, yang sebelumnya dibersihkan dengan menggunakan alkohol. Darah diambil sebanyak 2-3 tetes yang kemudian akan diwarnai dan setelah itu diperiksa di laboratorium untuk mengetahui positif atau negatif malaria.

Pada penelitian ini pula akan dilakukan pemeriksaan limpa, pemeriksaan ini dilakukan oleh seseorang tenaga dokter terlatih. Pemeriksaan dilakukan dengan cara , orang yang diperiksa berbaring terlentang dengan kedua lutut dilipat dan telapak tangan si pemeriksa akan memeriksa apakah ada pembesaran limpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar